kegunaan kayu meranti bagus untuk rumah


kegunaan kayu meranti bagus untuk rumah

kegunaan kayu meranti bagus untuk rumah
kayu meranti

8 Manfaat Kayu Meranti dan Jenis-jenisnya

Meranti adalah kayu serbaguna yang banyak digunakan untuk aplikasi dekoratif termasuk furniture, finishing interior, panel, cetakan, skirting & architrave. Kayu Meranti merupakan salah satu jenis tanaman khas daerah tropis yang cukup terkenal. Pohon meranti dapat tumbuh di dataran rendah maupun di hutan hujan seperti Sumatra, Kalimantan, Maluku, dan Sulawesi. Namun, Kalimantan merupakan penghasil kayu meranti dengan kualitas terbaik di Indonesia, sehingga meranti sering disebut sebagai kayu Kalimantan.

Ciri-ciri kayu meranti

·         Meranti memiliki tinggi berkisar antara 30,40, hingga 70 meter
·         Batang lurus dan bulat
·         Batang bebas dari cabang 20 sampai 30 meter
·         Diameter pohon berkisar 50, 100, hingga 450 meter
·         Terdapat alur dalam atau dangkal berwarna terang, gelap, kadang-kadang berwarna coklat kemerahan.
·         Meranti memiliki daya tahan yang relatif baik
·         Struktur yang agak kasar
·         Kepadatan kayu rata-rata 630 kg/ m3
·         Mengandung pigmen yang larut dalam air
·         Pada umumnya mengalami masa berbunga dan berbuah 4 sampai 7 tahun sekali
·         Termasuk jenis kayu yang keras dengan bobot rendah, sedang, hingga berat.
Berbagai macam jenis kayu memang kerap digunakan sebagai bahan baku bangunan, termasuk pula manfaat kayu meranti seperti berikut ini :

1. Bahan furniture indoor maupun outdoor

Pohon meranti menghasilkan kayu yang keras dengan kualitas tinggi. Kayu jenis ini biasanya dijadikan sebagai bahan dasar untuk membuat meja, kursi, peti perhiasan, maupun aneka cenderamata lainnya. Hal ini menjadikan jenis kayu ini, memiliki nilai jual yang ekonomis.

2. Fungsi ekologi

Pohon meranti biasanya dimanfaatkan oleh beberapa macam satwa seperti burung-burung, sebagai tempat bersarang.

3. Mengurangi dampak erosi

Sama seperti fungsi ekosistem flora lainnya, meranti juga berfungsi untuk membantu mencegah terjadinya erosi (terkikisnya lapisan tanah akibat terjangan air). Hal ini tentu saja merupakan sebuah bencana bagi manusia dan juga ekologi lainnya. Untuk itu sangatlah perlu diperhatikan untuk tidak menghabiskan ekosistem hutan maupun pepohonan di sekitar kita.

4. Menjaga sumber air

Seperti kita ketahui bahwa manfaat air merupakan sumber kehidupan makhluk hidup di bumi ini. Tanpa air, semua makhluk bisa mati kehausan. Karena air menjadi elemen penting dalam kehidupan, seharusnyalah kita menjaga dan melestarikan sumber-sumbernya. Salah satunya adalah dengan tidak sembarangan menebang pohon-pohon yang mampu menjaga serta meningkatkan sumber kehidupan ini,.
5. Bahan kosmetik, sabun, obat-obatan, dan makanan olahan
Tengkawang, sejenis buah yang dihasilkan oleh beberapa spesies shorea dapat digunakan sebagai bahan dasar pembuatan kosmetik dan makanan. Biji  dari Shorea mengandung lemak sekitar 40% hingga 60%, serta kandungan protein sekitar 5% hingga 6%. Dalam industri makanan, kandungan tersebut dipergunakan untuk menggantikan mentega coklat. Selain itu tengkawang juga dapat digunakan sebagai bahan untuk pembuatan sabun dan obat-obatan.
6. Bahan konstruksi bangunan
Tekstur keras dan memiliki ketahanan yang lama, menjadikan manfaat kayu meranti ini sebagai salah satu jenis kayu yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan konstruksi bangunan. Seperti untuk pembuatan parket lantai, tangga handrail, pintu, maupun jendela.
7. Bahan pembuat kertas
Selain berfungsi untuk konstruksi bangunan, manfaat hutan yang menghasilkan kayu meranti juga dapat dijadikan bubur kayu sebagai bahan dasar pembuatan kertas
8. Membantu menyuburkan tanah
Dekomposisi daun-daun meranti yang telah gugur serta perkembangan mikoriza seperti manfaat cacing tanah dari kayu meranti yang telah lapuk, sangat membantu kesuburan tanah daerah sekitar.